Kembali ke Index Topik Pilihan

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

19 December 2012 Viewed 10,283 times

BosMobil.com - Tak hanya MPV yang bisa diajak untuk menikmati liburan, namun kendaraan kecil sejenis City Car yang memiliki kapasitas mesin dibawah 1.3L juga tak kalah nyaman dijadikan sarana transportasi liburan akhir tahun Anda.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman BerliburBicara mengenai kapasitas ruang, memang menjadi kendalanya karena City Car tak bisa menampung banyak barang bawaan layaknya sebuah MPV. Oleh faktor keterbatasan tersebut ada baiknya anda harus pintar untuk menyiasati barang bawaan anda, jangan sampai berlebihan hingga mengganggu perjalanan anda.

Dari beragam City Car yang menjamur di Tanah Air, beberapa diantaranya masih cukup asik untuk diajak jalan jauh karena kelebihan beberapa fiturnya, mulai dari segi hiburan, kelapangan, sampai dengan kenyamanan dan faktor keselamatan.

Berikut daftar City Car pilihan redaksi yang masih nyaman untuk diajak berlibur:

Honda Brio

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

City Car yang diplot Honda sebagai adik dari Jazz ini memang memiliki tampang yang stylish di antara para rivalnya. Dimensi kompak dengan mengusung mesin 1.3L SOHC yang berteknologikan i-VTEC membuat Brio memiliki power terbesar di kelasnya, 100 PS. Kecil seakan tak menjadi masalah bagi Brio, karena ruang kabin depan Brio ternyata memiliki kelapangan tersendiri bagi pengemudi dan penumpang sampingnya. Sisi visibilitas di bagian depan dan belakang dihadirkan dengan sangat baik sehingga hampir tak ada halangan dalam soal pandangan. Jok kursi juga memiliki desain sporty dengan adanya neck shock mitigation seat yang membuat posisi leher terasa lebih nyaman ketika duduk.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Bukan hanya itu saja yang ditawarkan Honda melalui si mungil Brio, dalam hal fitur Brio bisa dibilang menjadi pelopor di kelasnya. Sebut saja, Tilt Steering, EPS, i-SRS dan SRS airbags, ABS + ACE juga fitur Eco Indicator telah tersedia mulai dari varian terbawah sampai atasnya. Dalam hal performa mesin, Brio cukup responsif sebagai City Car, begitu juga mengenai handlingnya yang sangat lincah, namun bila bicara mengenai urusan bagasi sebagai City Car memang Brio memiliki sedikit kekurangan dibandingkan dengan kompetitornya. Bahkan soal kenyamanan di baris ke-2 juga sangat kurang karena dimensi leg roomnya yang tak begitu luas. Honda membandrol Brio dengan kisaran harga mulai dari Rp 149-170 jutaan.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Mitsubishi Mirage

Datang dengan mengusung mesin 1.2L dengan teknologi MIVEC yang memiliki tenaga 77 PS Mirage diklaim cukup handal dalam hal efisiensi bahan bakar, namun begitu Mitsubishi tak cukup siap untuk menjadikan Mirage menjadi rival dari Brio. Dalam urusan kabin, sama halnya dengan Brio, Mirage cukup lapang dibagian depan, tapi miris dibagian belakang. Kesan minimalis juga amat terasa dibaris ke-2 dengan konsol yang hanya ada di bagian belakang jok depan sebelah kiri, dan pada pintu hanya tersedia hand rest tanpa adanya konsol apapun.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Bicara mengenai fitur, Mitsubishi hanya mempersenjatai Mirage dengan fitur lengkap pada varian teratas saja misalkan Airbag/Sabuk pengaman dengan tipe ELR (Electronic Locking Reactor) pada tipe Exceed lengkap dengan piranti pengereman ABS, sedangkan untuk tipe dibawahnya masih menggunakan pengereman biasa. Masuk kemasalah harga, Mirage memang unggul karena harga tertinggi yang ditawarkan Mitsubishi adalah Rp 165 juta.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

All New Kia Picanto

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Mungil namun stylish, itu kesan kami pertama kali melihat Picanto anyar ini tapi jangan terlalu pesinis mengenai ukuran luarnya, karena bila masuk ke dalam kabin, Picanto justru terlihat lebih lapang. KIA All New Picanto menampilkan interior yang modern dengan desain dasbor yang luas dan bentuk lingkar kemudi berbentuk ‘Two Spoke’ dengan instrument cluster ‘Three Cylinder’. Selain itu urusan leg room Picanto juga tak kalah lapang dengan para rivalnya, untuk pengemudi dan penumpang depan sisi kelapangan sangat terjaga. Bermodalkan mesin Kappa 4 silinder Dual CVVT 1.248 cc DOHC yang digunakan membuat Picanto cukup memiliki tenaga meski tak dapat menandingi Brio.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Untuk varian anyarnya ini, Kia sedikit memanjangkan dimensi Picanto sebanyak 60mm yang imbasnya ruas baris ke-2 juga masih nyaman ketika duduk menjadi penumpang, namun sayang bentuk jok yang sedikit datar bisa mengakibatkan penumpang merasa lelah bila berada terlalu lama didalamnya. Sedangkan untuk urusan fitur, Kia melengkapi Picanto dengan sarana hiburan melalui audio yang terkoneksi dengan USB slot yang bisa memainkan lagu dari flashdisk maupun iPod dan menjadi teman perjalanan anda, selain itu fitur ECO juga menjadi pelengkap standarnya untuk merealisasikan efisiensi bahan bakar. Dilihat dari segi safety Picanto yang dibandrol mulai dari harga Rp 129 - 143 jutaan ini tak begitu dimanjakan dengan piranti yang lengkap layaknya ABS sistem, Airbags dan lain sebagainya.

Daihatsu All New Sirion

Dari ragam City Car pilihan redaksi diatas, Mungkin Sirion menjadi satu-satunya City Car yang paling lapang dalam urusan kabin interior. Meski memiliki tampilan interior yang minimalis, namun kelapangannya cukup memuaskan. Mulai dari baris pertama hingga ke-2 ruang leg roomnya cukup memanjakan penumpang, bahkan ruang baris ke-2 nya mampu menampung hingga 3 penumpang dewasa. Untuk urusan bagasi juga tak kalah lebar hingga memungkinkan anda untuk membawa barang sedikit lebih banyak.

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Berbekal mesin 1.3L Sirion datang dalam dua varian matik dan manual. Untuk urusan performa, jelas lebih responsif versi manualnya begitu juga dengan harga yang ditawarkan. Daihatsu membandrol Sirion dengan harga yang cukup menggoda, untuk varian bawah sebesar Rp 140 juta sedangkan tertingginya adalah Rp 161 juta. Sama seperti dengan Picanto, Daihatsu tak melengkapi Sirion dengan fitur keselamatan yang mumpuni layakanya airbags dan pengereman ABS. Padahal bila diperhatikan rasanya piranti safety tersebut sudah menjadi keperluan yang cukup wajib bukan..?

4 City Car Yang Nyaman Jadi Teman Berlibur

Sekarang tinggal Anda yang pilih, mana kiranya City Car yang bakal jadi teman liburan Anda kali ini ...

 

teks/foto:Stanly/doc-bosmobil

Tags Under: Rubrik Otomotif

Comments