Anjuran Tepat Restorasi Mobil Klasik Idaman Anda

12 April 2012 Viewed 4,827 times

Jakarta, BosMobil.com - Sejak pertama kali ditemukan dan sebelum menjadi barang koleksi, mobil klasik apapun pastinya akan melewati proses restorasi lantaran kondisinya yang memang kebanyakan sudah hancur akibat termakan usia. Sementara proses restorasi itu sendiri bisa dibilang tak mudah dan butuh waktu pengerjaan yang cukup lama.

Restorasi Mobil Klasik

Walaupun begitu, tak ada salahnya bagi kita semua untuk mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin merestorasi sebuah mobil klasik. Berikut tips singkatnya!

Sebelum mulai merestorasi sebuah mobil klasik, sebaiknya pilih 'bahan' (baca : mobil klasik) yang kondisinya tak terlalu parah. Artinya, paling tidak bentuk bodinya masih utuh dan mesin masih ada. Namun terkecuali buat mobil klasik yang tergolong sebagai mobil yang sangat langka. Sebab, untuk mobil klasik yang satu ini, bisa menemukan bodinya dalam keadaan utuh saja sudah beruntung. Hehehehe....

Restorasi Mobil Klasik

Selanjutnya, "disarankan untuk memilih bengkel atau workshop yang memang sudah ahli dibidang ini," saran Karen, selaku salah satu pakar Mercedes-Benz klasik di Tanah Air, sekaligus pemilik Rent Autoworks. Cara mendapatkannya, mungkin Anda bisa browsing di dunia maya atau tanya teman-teman Anda yang memang sudah lama berkecimpung di dunia mobil klasik.

Restorasi Mobil Klasik

Oh iya, tentu Anda ingat kan dengan pepatah yang berkata "hemat pangkal kaya"? Nah...di dunia mobil klasik, terutama untuk urusan restorasi, pepatah itu tampaknya sudah tak berlaku lagi. Pasalnya, jika ingin mendapatkan hasil restorasi yang maksimal dan sempurna, maka sebaiknya Anda jangan sungkan-sungkan untuk mengeluarkan dana yang agak besar untuk menebus sejumlah spareparts baru dan orisinil yang dibutuhkan. Jika kesulitan mendapatkannya, Anda bisa juga mengaplikasikan spareparts rekondisi namun orisinil.

Restorasi Mobil Klasik

Bagaimana sekarang? Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi seluruh klasikers di Tanah Air. Selamat mencoba...!

 

Teks/foto : AEL/BosMobil

Tags Under: Rubrik Klasik

Comments