Kembali ke Index Topik Pilihan

Asal Usul Mobil Amerika Serikat Bermesin Diesel

9 November 2012 Viewed 2,775 times

BosMobil.com - Di belahan dunia lain, perkembangan pengaplikasian mesin diesel di dunia otomotif rupanya tak sepesat seperti di benua Eropa dan Asia. Contohnya seperti yang terjadi di benua Amerika, terutama di negara Amerika Serikat.

Chevrolet Diesel Engine

Di negara Paman Sam ini pertama kali mengenal mesin diesel dimulai sejak sekitar tahun 1917. Sayangnya ketika itu, teknologi mesin diesel ini baru diaplikasikan hanya pada railcar (kereta api), dimana General Electric (GE) berlaku sebagai produsennya. Namun, kira-kira kapan ya pabrikan otomotif asal Amerika Serikat yang mengembangkan dan memasarkan mobil produksi massal untuk pertama kali? Lantas, produsen apa yang memproduksinya? Yuk, coba kita selidiki...!

Chevrolet Diesel Engine

Jika kita tengok dari riwayat perjalanan mesin diesel sejak pertama ditemukan hingga kini, negara Amerika Serikat tampaknya agak telat mengaplikasikan teknologi mesin diesel ke kendaraan produksi massalnya. Tercatat, mobil produksi massal pertama di Amerika Serikat yang dipersenjatai mesin diesel yaitu Chevrolet Suburban generasi kedelapan. Salah satu SUV jebolan General Motors (GM) ini mulai diproduksi antara tahun 1973 hingga 1991 dan mengadopsi mesin diesel tipe Detroit Diesel V8 Engine yang berkapasitas 6,2 L dan sanggup menghembuskan tenaga kuda sebesar 130 hp.

Chevrolet Diesel Engine

Oh iya, roda perekonomian masyarakat Amerika Serikat saat itu memang sangat bergantung sekali kepada minyak bumi. Sementara pada sekitar tahun 1970-an, Amerika Serikat didera oleh krisis minyak bumi dan menyebabkan harga bahan bakar di negara Adikuasa itu melambung tinggi. Dengan begitu, mereka membutuhkan sebuah kendaraan yang lebih hemat bahan bakar. Nah...9-passenger SUV garapan Chevrolet ini bisa dikatakan sebagai salah satu solusi bagi masyarakat Amerika Serikat terhadap krisi minyak bumi yang tengah mereka hadapi ketika itu.

Chevrolet Diesel Engine

Sejak saat itu, pihak GM melalui Chevrolet mulai berkonsentrasi untuk memproduksi mobil-mobil yang telah dipersenjatai mesin diesel. Salah satunya wujudnya bisa dilihat pada Chevrolet Celebrity keluaran 1984. Mid-size car yang sempat menjadi best selling car di Amerika Serikat kala itu mengadopsi mesin diesel berkonfigurasi V6 dengan kapasitas maksimum 4,3 L. Namun sayangnya, produksi mobil ini akhirnya berhenti total di awal tahun 1990. Wah...sayang sekali ya?!

Chevrolet Diesel Engine

Begitulah kurang lebih awal mula bagaimana mesin diesel bisa berada di mobil-mobil produksi massal buatan Amerika Serikat. Selamat menikmati...!

 

Teks/foto : endy/www

Tags Under: Rubrik Klasik

Comments