Cek Kaki-Kaki Sebelum Fatal

11 February 2011 Viewed 20,183 times

Kondisi jalanan di Jakarta pada saat ini sudahlah tidak mulus. Dan hal itu bisa dicontohkan seperti banyaknya lobang yang berserakan di jalanan. Kondisi inilah yang membuat bagian kaki-kaki pada mobil Anda berkurang umurnya ataupun rusak.

Mungkin masih ada orang yang menyepelekan bagian kaki-kaki karena menganggap mesin adalah yang utama, dan yang terpenting mobil masih bisa berjalan normal. Padahal bagian kaki-kaki pada mobil merupakan bagian terpenting.

Kerusakan kaki-kaki mobil, akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Misalnya ayunan mobil tidak seperti normal, mobil pada saat jalan lurus tidak stabil, rem yang kurang pakem, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang punya waktu luang, tidak ada salahnya memeriksa sendiri kondisi kaki-kaki mobil sebelum Anda memvonis kerusakan kaki-kaki tersebut. Ryo dari workshop Pegasus Super Ultimate Performance mau berbagi beberapa tips ringan mengenai pemeriksaan pada bagian kaki-kaki mobil. untuk itu kita simak aja apa yang dijabarkannya.
 
1.    Bearing Roda


Pertama kali anda harus mendongkrak mobil anda sampai roda bisa berputar bebas. Kemudian untuk memeriksa kondisi bearing atau laher roda, anda harus memutarkan roda dengan memakai tangan anda dan dengarkan bunyi yang dihasilkan. Apabila tidak ada bunyinya berarti bearing masih bagus, tetapi bila berbunyi seperti gemuruh berarti bearing sudah lemah. Silahkan diganti yah.

2.    Shockbreaker

Shockbreaker adalah peredam kejut yang fungsinya meredam ayunan pada mobil anda. Cara memeriksanya, anda harus menjalankan mobil anda dan melewati polisi tidur. Jika pada saat melewati polisi tidur kemudian ayunannya hanya sekali, berarti shockbreaker masih bagus. Jika mobil mengayun berkali-kali, berarti shockbreaker sudah lemah. Jika mobil anda menggunakan shockbreaker jenis oli, bisa juga diperiksa dengan cara anda melihat shockbreaker tersebut apakah ada kebocoran oli di sekitar shockbreaker. Periksa juga bushing atau stopper pada shockbreaker tersebut, jika sudah sobek atau pecah, silahkan diganti berikut shockbreakernya.

3.    Tie Rod dan Long Tie Rod

Sama seperti pemeriksaan pada bearing roda, dongkrak mobil anda terlebih dahulu sampai roda bisa berputar bebas. Kemudian pegang bagian kiri dan kanan pada roda, dan goyangkan keluar dan kedalam. Jika ada suara “klotok-klotok” dan terasa oblak, berarti tie rod dan long tie rod mobil anda sudah saatnya diganti dengan yang baru. Atau bisa juga diperiksa dengan cara mengendarain mobil anda, jika saat melewati jalan yang tidak rata terdapat bunyi “klotok-klotok” berarti sudah rusak.

4.    Spooring


Cara memeriksanya dengan cara mengendarai mobil anda di kecepatan 60km/jam dengan posisi setir kemudi lurus. Jika mobil pada saat itu belok dengan sendirinya ke kiri atau ke kanan, sudah saatnya mobil anda untuk di spooring.

5.    Velg

Pada bagian velg, pemeriksaannya dengan cara mengendarai terlebih dahulu mobil anda pada kecepatan diatas 80km/jam. Jika pada saat kecepatan tersebut setir bergetar, berarti velg anda tidak balance. Solusinya harus di balancing. Jika pada saat jalan pada kecepatan pelan dan velg terasa goyang, ada kemungkinan velg anda peang. Solusinya bisa dibawa ke workshop untuk melakukan repair.
 

6.    Ban
Pada bagian ini bisa dilihat dari ban itu sendiri dengan cara dilihat ketebalan kembangnya, kemudian bisa dilihat fisiknya apakah ada keretakan pada bagian ban. Jika sudah tipis atau retak, sudah saatnya ban anda untuk diganti.

7.    Rem

Cara memeriksanya, dengan cara mengendarain mobil  pada kecepatan 60km/jam dan anda injak pedal rem Anda. Jika Anda menginjak pedal tersebut harus terlalu dalam untuk membuat mobil berhenti, ada kemungkinan booster rem mobil sudah rusak. Jika pada saat menginjak pedal rem pertama dan kedua terdapat perbedaan tekanan, kemungkinan minyak rem pada kendaraan Anda sudah berkurang. Penyakit lain sektor rem adalah jika pada saat menginjak rem kemudian mobil Anda belok ke satu sisi, ada kemungkinan kaliper rem kiri atau kanan bermasalah.

Sekian tips ringan yang diberikan oleh Ryo dari workshop Pegasus Super Ultimate Performance, semoga dapat  berguna untuk memeriksa kaki-kaki pada mobil Anda.

Sumber : Pegasus Super Ultimate Performance, Ruko Arjuna Square No.7J , Jln Arjuna Utara , Jakarta Barat. 0818-699-574 (Ryo)

Teks/edit/Foto : *niel/stan/www

Tags Under: Rubrik Otomotif

Comments