Modifikasi Nissan Grand Livina SQ : Tuning Maksimal Dengan Processor Andalan

24 April 2013 Viewed 12,254 times

Jakarta, BosMobil.com - Ramuannya adalah no phase error dalam melakukan setting, tuning maupun fine tuning menggunakan processor eksternal The Beast, sehingga suara mewah bisa tercipta di semua frekuensi pada sistem audio Nissan Grand Livina.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Nah, itulah langkah yang diambil oleh Arswendo sang pemilik Nissan Grand Livina. Sosok penghobi car audio ini melakukan beragam ubahan ciamik agar sistem audio-nya bisa mumpuni menyemburkan suara yang mewah.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

“Memang saya hobi sama dunia ini, suka oprek-oprek sistem sendiri. Nah untuk kali ini, saya coba aplikasikan beragam brand menjadi satu sistem dengan semburan suara yang mewah,” cetus Arswendo.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Sebelum perangkat audio disematkan, langkah awal yaitu ciptakan suasana hening dan rigid di dalam kabin dengan memasang peredam di beberapa bagian, seperti panel pintu dan lantai mobil. “Saya pakai racikan peredam Checkmat dan Realtraps sebanyak 3 lapis dengan sistem sandwich, sehingga kabin menjadi ekstra kedap,” tutur Arswendo.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Sementara sebagai source, dikolaborasikan head unit Denon DCT-1 dengan prosesor eksternal andalannya yaitu The Beast. ”Head unit ini suaranya memiliki karakter flat dan full spectum dari 20 Hz hingga 20 kHz. Jadi cocok sekali dipadankan dengan prosessor The Beast yang memiliki fitur dual mono processor dan keleluasaan pengaturan room correction untuk harian maupun kontes,”  jelas Arswendo.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Di sektoral suara, Arswendo menggunakan speaker 3-way dengan dudukan custom yang arahnya dibuat on-axis, serta perlakuan khusus di midrange. ”On-axis dengan perhitungan akurat untuk imaging dan staging yang solid. Kemudian boks midrange diberikan peredam bahan Realtraps, lalu dudukan midrange dibuat dari kayu agar suara resonansi kayunya terdengar seperti suara instrumen sebenarnya,” tukasnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Sedangkan midbass tetap berada di panel pintu depan, namun perhitungannya diukur terlebih dahulu dan dilakukan beberapa kali percobaan. ”Midbass dipasang dengan perhitungan matematis untuk mencegah suara cancelled, lalu didalamnya diberikan peredam Mass Loaded Vinyl (MLV),” tambahnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Beralih ke subwoofer, perlakuan khusus juga dilakukan untuk menghantarkan bass yang solid. ”Volumenya boks sebesar 38 liter, namun proses pembuatannya menggunakan kayu MDF paling tebal. Kemudian di sekitar bagasi disematkan busa telur dan Realtraps, dan di dalam boksnya digunakan labirin dengan prinsip resonator Helmholtz yang ternyata mampu membuat bass ultra low, berbunyi hingga 10 Hz,” ungkapnya. Widiihhh.....

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Lalu, sokongan tenaga mengandalkan 3 power. ”Rinciannya, 1 unit power JBL GTO-804EZ untuk tweeter dan mirange, kemudian 1 unit power berikutnya di-bridge untuk midbass, sedangkan 1 unit power JBL GTO-1001EZ untuk mensokong tenaga subwoofer,” terang Arswendo.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Kemudian hal terakhir yaitu fine tuning menggunakan processor The Beast  dengan minimal EQ dan penambahan diffuser di beberapa titik kabin. ”Subwoofer LPF 50 Hz slop 24 dB, midbass 50-200 Hz slop 24 dB, midrange 200 Hz-4 kHz slop 12 dB dan tweeter 4 kHz slop 12 dB. Lalu diffuser bertujuan memperbaiki akustik ruangan sehingga ruangan menjadi minim cancelled, peak, resonansi dan suaranya menjadi nyaman,” tutupnya.

Nissan Grand Livina Modifikasi SQ

Arswendo’s Nissan Grand Livina
Head unit : Denon DCT-1 dan DSV-1 Voltmeter
Prosessor : The Beast
Tweeter : FA1 MK3 AMT
Midrange : Zvone Raspor 12M
Midbass : Accuton C173-6-191
Power amplifier : JBL GTO-804EZ (2 pcs), JBL GTO-1001EZ
Kabel RCA & Speaker : Harmonic Harmony Accapella
Peredam : Checkmat, Realtraps

Powered By : Tradesound, Cibubur, Jakarta Timur

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

Comments