Modifikasi Toyota Avanza SQL : Siasati Placement Dan Settingan

8 May 2013 Viewed 9,831 times

Jakarta, BosMobil.com - Optimalkan replacement dan setting-an pada sistem audio Toyota Avanza ini dapat menghadirkan suara yang megah untuk menemani mobilitas sang owner sehari-hari.

Toyota Avanza Modifikasi

Hal itu diutarakan Denis, eksekutor dalam melakukan modifikasi audio pada mobil Toyota Avanza milik Josua.”Semua sektor dibuat custom untuk penempatan speaker dan subwoofer, serta penggunaan tiap perangkat yang memiliki karakter suara sesuai selera Josua,” bukanya.

Ganti Perangkat Bawaan

Proses modifikasi audio Toyota Avanza yaitu mengganti perangkat standard dengan yang mumpuni. Salah satunya sumber utama yang dipercayakan pada Pioneer AVH-P3250DVD. ”Head unit ini sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan owner baik audio maupun visual,” cetus Denis.

Toyota Avanza Modifikasi

Begitu juga dengan speaker, menggunakan speaker 2-way yang membuat dudukan pilar custom untuk tempat tweeter. ”Arahnya gue buat on-axis supaya suara bisa fokus di dashboard dengan tata panggung yang presisi,” terang Denis.

Toyota Avanza Modifikasi

Lalu untuk midbass tetap ditempatkan di pintu, namun Denis menambahkan peredam. “Peredam 2 lapis untuk mengurangi getaran dari pintu. Dan juga dibuatkan semacam topi untuk melindungi midbass dari percikan air saat hujan,” tutur Denis.

Toyota Avanza Modifikasi

Aplikasi SQL

Sedangkan bagian belakang (bagasi) dipenuhi dengan speaker dan 2 unit subwoofer. Hal ini bertujuan supaya suara bisa presisi pada saat show off. “Memang konsepnya Sound Quality Loud (SQL), jadi gue tambahin speaker dan subwoofer di belakang, jadi suara bisa heboh pas bagasi dibuka,” tukas Denis.

Toyota Avanza Modifikasi

Lalu untuk gebukan, subwoofer disematkan boks berjenis sealed dengan volume sebesar 1,2 cu/ft untuk masing-masing sub-nya. ”Untuk membuat subwoofer rigid, di dalam boks gue tambahin fiber dan taleg, serta finishingnya disematkan busa dakron dan peredam semprot,” tegas Denis.

Toyota Avanza Modifikasi

Toyota Avanza Modifikasi

Kemudian asupan daya menggunakan 2 power, yaitu power 4-channel untuk speaker depan dan belakang, sedangkan power monoblock untuk subwoofer. Tidak hanya itu, power juga dilakukan pengaturan crossover untuk menciptakan tatanan suara yang presisi. ”Speaker depan cutting 100 Hz, speaker belakang high 8 kHz, mid 1 kHz, low 160 Hz dan subwoofer 100 Hz,” tutupnya.

Toyota Avanza Modifikasi

Toyota Avanza Modifikasi

Spesifikasi
Head unit : Pioneer AVH-P3250DVD
Speaker : Vox Altitude AT6-SY (2 pcs)
Subwoofer : Vox Altitude
Power : Vox Altitude AL465AB (speaker), Vox Altitude 2000D (subwoofer)
Kabel Speaker : Meguline
Kabel RCA : Momentum
Peredam : AutoMat
Capasitor Bank : Mass Engineering

Powered by : Audio Lab, Jakarta Barat

 

Teks/edit/foto : gunawan/daniel/gunawan

Tags Under: Audio

Comments