Perbedaan Mesin Bersistem Karburator Dengan Injeksi

23 May 2013 Viewed 5,812 times

Jakarta, BosMobil.com - Mobil dengan sistem karburator memang sudah banyak ditinggalkan dan kini adalah masa teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) atau injeksi berkembang. Apa sih perbedaannya? Secara prinsip, bedanya terletak pada metode pemasokan campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin mobil.

Karburator

Pada karburator, pencampuran bahan bakar dan udara disebabkan adanya kevakuman mesin yang terjadi akibat langkah hisap piston. Dapat dikatakan bahan bakar dan udara masuk ketika mesin membutuhkannya.

Prinsip kerjanya, pedal gas mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang masuk ke dalam mesin. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menyedot bahan bakar masuk ke dalam mesin.

Injeksi

Pada mobil injeksi, proses penghisapan bahan bakar ke mesin mengandalkan peranti elektronik. Penyemprotan bahan bakar ke mesin dilakukan oleh injektor atas perintah dari salah satu sensor pada ECU (Electric Control Unit) dengan volume yang sudah diatur.

Sederhananya, Fuel Pump (Pompa Bensin), menghisap bahan bakar dari tangki dengan tekanan tertentu, lalu disalurkan ke injector, kemudian diinjeksikan ke mesin dengan menunggu perintah ECU.

Dengan begitu akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, serta mengurangi polusi dan juga memberikan tenaga yang lebih baik.

 

Teks/edit/foto : riyan/daniel/www

Tags Under: Rubrik Otomotif

Comments