Peugeot 504 GL 1977 : Singa Prancis Nan Ganas Berjubah Militer

29 January 2013 Viewed 6,231 times

Jakarta, BosMobil.com - Anda maih ingat dengan pecinta Peugeot 504 yang pernah diulas tim BosMobil.com sekitar pertengahan Oktober 2012 silam? Ya, dialah Rhonald Raweyai yang di garasi rumahnya tersimpan 3 unit Peugeot 504 dengan berbagai tahun keluaran dan warna. Salah satu yang paling menarik yaitu sebuah Peugeot 504 GL jebolan 1977 berkelir hijau ini.

Peugeot 504

Walaupun sepintas tampak sama saja dengan Peugeot 504 lainnya, namun Peugeot 504 GL berjuluk “Meneer” ini sesungguhnya menyimpan sejuta kenangan yang patut untuk diceritakan dan dikenang. Bermula di awal 2011, dimana Rhonald untuk pertama kalinya melihat Peugeot 504 GL ini tengah ditawarkan di sebuah surat kabar di Jakarta.

Peugeot 504

Rupanya, pemilik Peugeot 504 GL ini adalah seseorang yang tinggal di seputaran Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. “Dulunya mobil ini bekas milik seorang mantan Jenderal TNI di Jawa Timur. Tapi kemudian suatu hari istri Jenderal itu sakit kanker dan butuh biaya besar, dan akhirnya dijual,” kenang Rhonald. Hal ini bisa dibuktikan dari warna asli Peugeot 504 GL ini, yaitu hijau khas ‘army’.

Peugeot 504

Secara fisik, Peugeot 504 GL ini memang masih berkondisi sangat prima, orisinil, dan tentunya masih layak jalan. Namun lantaran usianya yang tergolong tua, maka tak heran jika bodi Peugeot 504 GL ini terdapat sejumlah karat yang melekat. Contoh yang terparah yaitu pada bagian spatbor belakang sebelah kiri. Sekitar seminggu setelah membelinya, proses restorasi Peugeot 504 GL ini pun dimulai.

Peugeot 504

Pada eksterior, Rhonald mengakali bagian yang sudah berkarat dengan memotongnya dan selanjutnya diganti dengan plat besi baru. “Untuk pengerjaannya saya serahkan ke bengkel milik teman saya. Tapi warnanya disesuaikan dengan aslinya,” ujar Rhonald. Sementara lampu depan mengaplikasikan lampu opsional asli berbentuk bulat, seperti yang diaplikasikan Peugeot 504 di Israel.

Peugeot 504

Sektor kabin sejak awal memang masih sempurna dan orisinil. “Saya periksa dengan detil sebelum beli. Ternyata interior benar-benar full orisinil dan terawat,” ungkap Rhonald. Maka dari itu, Rhonald cukup merapihkannya saja. Sedangkan AC, car audio dan power steering ditambahkan demi menunjang kenyamanan dalam berkemudi sehari-hari.

Peugeot 504

Peugeot 504

Lalu, bagaimana dengan kaki-kakinya? Lantaran masih bagus, maka untuk kaki-kaki tak banyak perbaikan. Bahkan Rhonald hanya mengganti velg-nya dengan optional orisinil khusus Peugeot 504 berspesifikasi racing dan berbahan aluminium.

Peugeot 504

Sementara untuk mesin 4 silindernya, Rhonald cukup melakukan tune-up dan ganti oli saja. Hampir tak ada 1 pun komponen di dalam mesin yang disubstitusi. Dalam beberapa bulan, proses perbaikan pun tuntas dikerjakan.

Peugeot 504

Wah...benar-benar sebuah Peugeot 504 beriwayat hidup unik. Salut to Rhonal Raweyai...!

Peugeot 504

Teks/edit/foto : endy/daniel/angga

Tags Under: Retro Life

Comments