Piggyback : Si Tukang Tipu ECU

13 September 2012 Viewed 3,216 times

Jakarta, BosMobil.com - HHmmm... penipuan memang dilarang dimana-mana, karena selain dosa dengan Yang Maha Kuasa, penipuan bisa dikenai pasal 378 dan bisa dikenai hukuman penjara minimal 5 tahun. Weleh kok jadi melenceng kemana-mana bahasannya?

Piggyback

Disini maksudnya sedang membicarakan perangkat piggyback sebagai tukang tipu ECU pada mesin mobil. “Piggyback adalah satu perangkat eletronik yang berfungsi untuk memanipulasi data input yang diterima oleh ECU,” buka Purba dari Bening Motor.

Kenapa piggyback tercipta? “Mobil diproduksi massal oleh pabrikan, menjadikan kondisi mesin tidak sama antara 1 dengan yang lainnya. Lalu ECU bawaan mobil tidak bisa diubah, misalnya timing harusnya bisa dimajukan sebesar 1-2 derajat dan tidak ngelitik, nyatanya oleh ECU bawaan hanya angka segitu saja sehingga tidak tepat,” jelas Purba.

Purba melanjutkan dengan penggunaan perangkat piggyback, data output dari ECU bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan mesin. “Setiap mesin kebutuhannya berbeda. Contohnya jika mesin sudah dilakukan modifikasi, maka kebutuhan mesin tersebut pasti berubah. Nah, dengan piggyback, kita bisa melakukan adjust ulang apa yang dibutuhkan mesin seperti timing, pengapian dan lainnya,” lanjutnya.

Piggyback

Sedangkan untuk mobil harian, tidak diharamkan untuk memakai perangkat piggyback. “Biasanya mereka yang memasang tujuannya untuk lebih efisien. Pemakaian piggyback akan lebih efektif, tetapi bukan berarti boros,” ucapnya. Sementara di Indonesia, sudah memiliki lebih dari 4 perangkat piggyback yang beredar.

 

Teks/foto : DO/doc-bosmobil

Tags Under: Rubrik Modifikasi

Comments