Restorasi Holden HJ Statesman Caprice 1976 - Bukti Nyata Dedikasi Selama 10 Tahun

27 April 2012 Viewed 18,167 times

Jakarta, BosMobil.com - Persis seperti kata pepatah, buah jatuhnya pasti tak akan jauh dari pohonnya, maka karakter anak pasti tak akan jauh berbeda dengan orang tuanya. Itulah yang nampaknya terjadi pada Angelo Tranggono Setiana.

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Sejak kecil, pemuda yang biasa disapa dengan nama Angel ini sudah akrab dengan dunia mobil klasik lantaran ayahnya gemar mengkoleksi mobil-mobil klasik. Kemudian setelah beranjak dewasa, Angel pun akhirnya bisa memiliki sebuah mobil retro, yaitu Holden HJ Statesman Caprice keluaran 1976.

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Asal-usulnya, sedan empat pintu asal Negeri Kangguru itu dibeli Angel pada 2002 silam dari seseorang yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang, dengan kondisi kurang begitu bagus. Kaki-kakinya sudah tak sanggup lagi beroperasi dengan baik akibat dipenuhi karat dan ditambah beberapa bagian bodinya yang sudah mengalami keropos. Parahnya lagi, mesin orisinilnya yang berkonfigurasi V8 pun sudah tak ada lagi dan sudah disubstitusi dengan mesin Holden versi enam silinder segaris oleh pemilik sebelumnya.

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Namun berkat kesabaran dan dedikasi yang tinggi, akhirnya Angel pun selesai merestorasi setiap kerusakan yang ada dan membuat sang sedan berkelir hitam itu kembali beroperasi. Bahkan sektor kabinnya kini sudah dilapis-ulang lagi dengan kulit berwarna krem, termasuk joknya.

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Lantaran masih sering dikemudikan sehari-hari di jalanan Jakarta yang notabene berlalu-lintas super padat, maka sedan berlogo singa itu tetap mengaplikasi mesin enam silinder segarisnya yang pasti jauh lebih hemat BBM daripada V8. Sementara di sektor kaki-kaki yang awalnya mengadopsi pelek kaleng, kini sudah dijejali dengan pelek aluminium Ridler American Racing berdiameter masing-masing 15x8 inci (depan) dan 15x9 inci (belakang), yang kemudian dibungkus karet bundar Kumho Solus KH17 ukuran 205/65 R15 (depan) dan Kumho Ecsta STX ukuran 255/60 R15 (belakang).

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Nah...kedepannya, Angel yang ternyata tercatat juga sebagai salah satu anggota Lement Family ini berencana untuk menyempurnakan tampilan sektor eksteriornya dengan mengecat-ulang bodinya. Hmmm....benar-benar sebuah hasil jerih payah yang patut diacungi jempol.

Holden HJ Statesman Caprice 1976

Teks/foto : AEL

Tags Under: Retro Life

Comments