Sebab Dan Solusi AC Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap

12 February 2013 Viewed 5,841 times

Jakarta, BosMobil.com - Kerap kali kita jengkel bila menghidupkan AC (Air Conditioner) timbul bau tak sedap. Berbagai faktor penyebab bau tak sedap, salah satunnya adalah dari perilaku sang pengendara sendiri. “AC mengeluarkan bau tak sedap karena ada debu atau kotoran yang terhisap melalui saluran hisap AC kemudian membeku di evaporator,” ucap Ferdi dari bengkel Panca Jaya 42.

AC Mobil

Menurut Ferdi, debu atau kotoran yang menjadi spora atau jamur bisa timbul akibat kebiasaan kita jarang membersihkan interior, sering membuka jendela ketika berjalan, sering merokok di dalam mobil, bahkan bisa timbul dari pewangi tertentu untuk mobil.

“Kalau kilometer mobilnya baru jalan sedikit, AC mobilnya belum kotor tapi sudah mengeluarkan bau, bisa diatasi dengan cara dijemur di bawah terik matahari sambil kaca mobil dibuka. Biasanya masih ketolong, baunya bisa ilang,” ucap Ferdi.

AC Mobil

Untuk kasus mobil yang mengeluarkan bau karena kotoran, bisa dilakukan dengan tindakan sebagai berikut. “AC mobil yang sudah kotor, lebih baik Anda service atau cuci evaporator dan blower-nya. Hal ini dibarengi dengan kuras freon dan penggantian filter AC untuk mobil yang memiliki filter,” tandas Ferdi. Setelah itu jangan lupa lakukan bersih-bersih pada kabin mobil Anda.

 

Teks/foto : riyan

Tags Under: Rubrik Otomotif

Comments