Volkswagen Golf S Mk1 1978 : Orisinilnya Bisa Jadi Panutan

20 February 2013 Viewed 5,614 times

Jakarta, BosMobil.com - Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1974, Volkswagen Golf Mk1 tersedia ke dalam beberapa pilihan trim. Salah satunya yaitu Volkswagen Golf S Mk1, dan di Indonesia rupanya masih ada yang berkondisi sempurna dan serba orisinil. Coba saja tengok Volkswagen Golf S Mk1 milik Yuskar Adriansyah berikut ini.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

“Waktu itu saya beli Golf ini dari seseorang yang tinggal di daerah Roxy, Jakarta Barat. Kondisinya waktu itu memang sudah jadi, tapi masih perlu sedikit perbaikan di detail bodi dan mesin,” ungkap Yuskar Adriansyah yang tinggal di daerah Kemang, Jakarta Selatan ini.

Eksterior

Kekurangan pada eksterior Volkswagen Golf S Mk1 berkelir hijau ini terdapat pada fender depan-belakangnya. Bentuknya yang tak sesuai dengan aslinya membuat Yuskar terpaksa merombak total keempat fender Volkswagen Golf S Mk1 ini agar sesuai orisinilnya dengan plat besi baru.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Selain itu, bemper depan-belakangnya yang semula mengadopsi bemper Volkswagen Golf Mk1 ala Amerika yang besar, akhirnya dikembalikan ke aslinya yang berukuran lebih mungil.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Interior

Sejak pertama kali dibeli, kondisi interior Volkswagen Golf S Mk1 ini masih cukup baik, lengkap, dan tanpa keropos. Namun karena usianya yang sudah uzur, maka sudah wajar jika ada sedikit kekurangan, seperti jok depan dan doortrim-nya.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

“Karena susah mendapatkan pelapis aslinya, akhirnya pelapis jok depan dan doortrim saya ganti dengan bahan yang bukan orisinil. Tapi warnanya dan coraknya saya pilih yang mirip aslinya. Speedometer juga tadinya mati, tapi sekarang sudah bisa berfungsi lagi,” papar Yuskar.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Kaki-kaki Dan Mesin

Nah...supaya Volkswagen Golf S Mk1 nyaman dan aman dikemudikan, setiap komponen kaki-kaki dan mesin yang sudah tak layak pakai dilungsurkan dan diganti baru. “Waktu itu velg-nya masih pakai BBS. Nah...setelah saya berburu kesan-sini, akhirnya bisa juga dapat velg aslinya, dan langsung aja saya ganti. Oh iya, join as roda, per, sokbreker, dan master rem belakang juga saya ganti baru. Tapi booster rem saya pakai milik BMW M40. Hehehehehe.....,” celoteh Yuskar.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Lalu pada kompartemen mesin, penggantian komponen terdeteksi pada timing belt, berikut dengan adjuster gear-nya, dan ditambah water deflector original. Sementara demi mengembalikan performanya, maka sumber tenaga Volkswagen Golf S Mk1 ini di tune-up, ganti oli, dan sistem pengapiannya yang aslinya platina diubah menjadi CDI.

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Volkswagen Golf S Mk1 1978

Jika sudah begini, maka tak haram deh kalau Volkswagen Golf S Mk1 milik Yuskar ini dijadikan panutan bagi Anda yang ingin merestorasi Volkswagen Golf S Mk1 bergaya orisinil. Setuju Boss?

Volkswagen Golf S Mk1 1978

 

Teks/foto : endy/angga

Tags Under: Classic Corner

Comments